Sunday, July 15, 2012

Smartphone mulai menggusur mobile device lama

Platform Android belum terkalahkan - Penjualan Android melebihi IPhone dan Blackberry


Seberapa tertarik anda mendengar Smartphone Blackberry ? Atau anda akan lebih memalingkan perhatian kepada IPhone atau Android Platform? Tidak salah karena ketiga device smartphone di atas sedang mencapai titik-titik tertinggi dari penjualan smartphone dunia saat ini. Bahkan karena adanya high-end mobile device yang memiliki fungsi dan fitur canggih menyamai PC, penjualanya pun terdongkrak hingga lebih populer daripada Personal Computer.

Seperti dilansir PC Magazine, bahwa sebesar 54,9% dari pengguna mobile di Amerika memiliki smartphone. Dari semua smartphone para penduduk Amerika, 51,8% (lebih dari setengah penduduk Amerika yang memiliki Smartphone) menggunakan Smartphone Android. Diikuti IPhone yang dimiliki sekitar 34,3% pengguna. Serta Blackberry hanya menempati urutan ketiga sebagai smartphone yang digunakan penduduk Amerika dengan prosentase 8,1%, sementara sisanya menggunakan jenis smartphone lainya.

Hingga saat ini kurang lebih per Juni 2012 penjualan smartphone dengan platform Android di Amerika belum terkalahkan. Bahkan melebihi IPhone keluaran Apple dan Blackberry keluaran RIM. Paltform Android yang diluncurkan oleh Google ini merajai pasar Amerika dengan diawali langkah besar dalam mengakuisisi Motorola. Kemudian perusahaan Samsung smartphone dan HTC juga mayoritas menggunakan Operating System Android untuk produk handset mereka. Dengan kolaborasi ini meskipun tidak memproduksi handset sendiri, platform Android mampu mengalahkan para pesaing-pesaingnya dalam tingkat penjualan.

Bahkan dalam 3 bulan terakhir saja, Android juga masih menempati urutan teratas dari tingkat pembelian dan minat para pengguna smartphone. Android mencapai hingga 54,6% penjualan, kemudian diikuti Apple IPhone di posisi kedua dengan prosentase 36,3%, dan yang mengejutkan bahwa produk yang dirasa populer saat ini Blackberry smartphone hanya menempati urutan ketiga yaitu 4%.

Microsoft belum maksimal - Smartphone Nokia Merosot

Bagaimana kisah Microsoft yang merupakan pemain lama dalam mobile device? Microsoft dalam dunia mobile belumlah sesukses seperti produk Operating System untuk PC nya. Dalam industri mobile microsoft telah melahirkan 2 OS yaitu Windows Mobile yang versi lama, dan yang baru adalah Windows 7. Yang mengejutkan hanya 4,3% dari orang Amerika pengguna smartphone yang menggunakan smartphone dengan System Windows tersebut. Dari semuanya Windows Mobile masih unggul dengan prosentase 3% daripada versi baru Windows 7 yang hanya digunakan sekitar 1,3% dari tingkat penggunaan. Windows Mobile dan Windows 7 operating system saat ini banyak digunakan oleh handset-handset pabrikan HTC, Samsung, dan Nokia. Nokia Smartphone yang rekan dekat dari Microsoft pun peminatnya kian merosot dari beberapa tahun lalu yang pernah merajai pasar ponsel low-end dan high-end series. Dari keseluruhan handset platform windows, pengguna smartphone system Windows Mobile, maupun Windows 7, smartphone Nokia hanya mengambil 0,3% dari penjualan.

Apple masih merajai sebagai produsen Smartphone Device

Dalam hal perangkat handset, high-end mobile device, atau smartphone, Apple masih 34% menguasai pasar sebagai produsen penghasil smartphone yang paling digemari dengan IPhone nya. Sementara produsen lainya menempati urutan kedua dan seterusnya berurutan sebagai produsen handset populer yaitu Samsung (17 %), HTC (14 %), and Motorola (11 %) mereka semuanya dari golongan Android. Lalu RIM dengan Blackberry nya menghasilkan pangsa 9% dari minat dan penjualan device/handset di Amerika.

Produksi aneka jenis Smartphone pada waktu sekarang ini memang tengah populer. Dari kebutuhan klasik untuk fungsi komunikasi suara dan pesan teks hingga keperluan lainya yang telah berkembang seperti social networking, browsing, email, hiburan, foto dsb. Semuanya itu praktis tersaji dalam satu perangkat yaitu smartphone. Karena smartphone membutuhkan sebuah sistem yang berdaya guna dan handal maka persaiangan pembuatan OS pun diramalkan akan terus menjadi ketat yang diramaiakan antara lain oleh Android, IOS milik Apple, dan RIM Blackberry. Tidak menutup kemungkinan juga pemain lama seperti Microsoft dengan Windows Mobile dan Windows 7, Symbian OS, dan Palm OS akan membuat kejutan dalam persaingan sistem teknologi smartphone pada waktu yang akan datang. Imbasnya tentu saja menyedihkan untuk Personal Computer. Karena produsen handset smartphone yang kian banyak dan seiring meningkatnya penjualannya, penjualan personal computer menjadi kian menurun. Sebab seperti yang dilansir PC Magazine bahwa orang cenderung lebih tertarik untuk membeli Smartphone Device yang praktis dan dengan kemampuan serba bisa daripada membeli sebuah personal computer.

Kesimpulan dari pengguna Smartphone di Amerika per Juni 2012

Pengguna

Pengguna Smartphone di Amerika - 54,9%

Platform / Operating System

Android - 51,8%
IOS - 34,3%
RIM Blackberry - 8,1%
Windows Mobil - 3%
Windows 7 - 1,3%
Symbian - 0,9%
Palm/WebOS - 0,6%

Handset / Mobile Device / Smartphone

Apple IPhone - 34%
Samsung - 17%
HTC - 14%
Motorola - 11%
Blackberry - 9%
Nokia - 1,2%